Inilah Semarak Kegiatan Bulan Muharram Warga NU Sudan

0
49
views

Khartoum, NU Online
Di Sudan, warga NU menyambut datangnya tahun baru hijriah dengan rentetan acara selama beberapa hari. Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Sudan menggelar antara lain istighotsah, shalawatan, pengajian kitab bersanad, pengajian umum, diskusi tematik, pelatihan desain intensif, malam literasi, serta pentas seni dan budaya.

Acara berlangsung sejak 18 September dan berakhir pada 24 mendatang. Beberapa kegiatan tersebut secara rinci dapat dipaparkan sebagai berikut:

Pentas Kaukabul Fushoha

Kaukabul Fushoha adalah sebuah kelompok belajar bahasa Arab yang dibentuk Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU setempat, yang fokus pada pengembangan bahasa Arab wara NU. Pada tahun baru ini kelompok ini berkesempatan tampil pada acara tahun baru yang diselenggarakan di kediaman salah satu Mustayar PCINU Sudan Syekh al Fatih Ali Hasanain.

Acara yang diliput oleh salah satu stasiun televisi Sudan ini, Nahdliyin Sudan menampilkan pembacaan puisi Arab, pidato, pembacaan cerita berbahasa Arab dan ditutup dengan mauidlah hasanah dari Syekh al Fatih.

Bukan Mata Muid

Bukan Mata Muid atau yang disingkat menjadi BMM, sebuah acara talk show persembahan dari Lesbumi (Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia) yang menyajikan obrolan ringan dan santai tapi serius dengan mengangkat tema hangat dan menarik untuk diperbincangkan. Bintang tamu yang dihadirkan diantaranya staf KBRI Khartoum, Wakil Ketua PPI Sudan, Ketua PCI Muslimat NU Sudan dan salah seorang sosialita di Sudan.

BMM kembali berhasil membawa suasana seru di awal sampai akhir acara dengan penampilan band bentukan LESBUMI yang bernama The Zaboon’s yang di penampilan pertamanya juga sukses dalam menyemarakkan Tarhib Ramadhan di beberapa bulan yang lalu.

Pelatihan Desain Intensif

Acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Ta’lif wan Nasyr NU (LTNNU) ialah pelatihan desain yang dibuka untuk anggota NU dalam melatih skil dan bakat terpendam. Pelatihan tersebut meliputi CorelDraw dan Photoshop.

Pelatihan ini diselenggarakan secara intensif dengan mendata peserta yang telah mendaftarkan diri dan menghadirkan pemateri yang ahli dalam bidangnya.

Pengajian dan Pengkajian

Pengajian rutinan dwi mingguan Lembaga Dakwah “Al Hijrah” spesial PHBI Tahun Baru Hijriyah yang diselenggarakan di KBRI Khartoum bersama warga negara Indonesia di Sudan dari berbagai elemen masyarakat dan dihadiri Bapak Dubes RI untuk Sudan dan Eritrea.

Ngaji Qur’an bersama LPQ rutinan mengawali hari Jum’at dan Sabtu selepas Subuh di PCINU Sudan dengan pembimbing Mustasyar Dr. H. M. Afifullah Rifa’i, MA serta ngaji kitab bersama Syekh Abdurrahman an Nairiy dan ijazahan sanad kitab-kitab hadist, fiqh, dan akhlaq.

Pengkajian-pengkajian umum yang diselenggarakan di sekretariat PCINU Sudan diantaranya pengkajian LAKPESDAM tentang radikalisme dan diskusi tematik dari Lembaga Kaderisasi yang mengangkat tema Dinamika PKI dalam Ragam Sudut Pandang; Merajut Sikap Kebangsaan yang dilaksanakan setelah nonton bareng film PKI.

Doa Akhir dan Awal Tahun

Pada kegiatan lailatul ijtima’ ini pembacaan istighotsah dilakukan oleh Nahdliyin saat pergantian tahun hijriah dan pembacaan sholawat Nabi Muhammad SAW setiap hari Ahad malam di sekretariat PCINU Sudan.

Harapannya, mengutip dari apa yang disampaikan oleh Rais Syuriyah PCINU Sudan, tahun baru 1439 H ini menjadi bahan introspeksi diri menuju insan shalih akrom, manusia yang baik lagi mulia. (Muhammad Ridlo/Mahbib)

sumber: NU Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here