Kajian Kitab Muslimat NU Sudan

0
85
views
Foto bersama dengan para pemateri

Khartoum, PCINUSUDAN.com — PCI Muslimat NU Sudan telah melaksanakan kegiatan kajian kitab yang bertempat di kediaman Musytasyaroh Muslimat NU Sudan Ustadzah Sho’imah Annur Makki, Sabtu (03/03/2019).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja dari bidang pendidikan PCIMNU Sudan. Kitab yang dikaji kali ini adalah Kitab Mafaahim Yajibu an Tusohhah karangan Sayyid  Muhammad bin ‘Ali al-Maliki al-Hasani. Pembahasan tiga bab untuk masing-masing tiga pemateri. Acara dibuka dan dimulai oleh Ainur Rohmah sebagai pembawa acara yang merangkap menjadi moderator.

Pembukaan dimulai tepat pada pukul 13.00 waktu setempat dengan pembacaan ayat suci al-Quran oleh Isna Qutrotun Nada. kemudian sambutan yang disampaikan oleh Ketua Muslimat Rizqotul Mukarromah dan dilanjut dengan acara inti yaitu penyampaian materi.

Setiap pemateri diberikan waktu 30 menit untuk meyampaikan materinya. Adapun ketiga pemateri tersebut adalah Ustadz Aris Mahmudi, S.Pd yang berkesempatan memaparkan bab mengenai alam barzakh dan Hukum ziarah kubur. Beliau memaparkan beberapa kisah dari adanya kehidupan di alam kubur serta hukum dari ziarah kubur dan berbagai kontroversinya.

Lanjut pemateri kedua yaitu Ustadz Akhyaruddin, B.Sh yang menjelaskan secara gamblang mengenai tawasul, hukum dan berbagai polemik yang muncul dari banyak pihak. Beliau memaparkan bagaimana tawassul yang benar dan tak lupa macam sarana tawassul.

Baca juga: Meriahkan Harlah NU ke 92, Muslimat NU Sudan Adakan Bakti Sosial untuk Warga Sudan

Dan untuk pemateri yang terakhir yaitu Musytasyaroh Muslimat NU Sudan Ustadzah Sho’imah Annur Makki yang mengajak para mustami’in untuk berdiskusi bersama mengenai tabarruk. Pengertian, dalil-dalil, beserta kisah-kisah mengenai tabararuk atau yang lebih kita kenal dengan istilah ngalap berkah.

Usai penyampaian materi oleh ketiga pemateri kali ini, moderator membuka sesi penambahan, kritikan, atau hal-hal lain yang sekiranya ingin disampaikan oleh para mustami’in. Dan selanjutnya seperti biasa moderator membuka sesi tanya jawab dengan dua termin. Pada termin pertama moderator menampung tiga pertanyaan dari rekan-rekan Muslimat yang kemudian telah berhasil dijawab dan dijelaskan secara detail oleh para pemateri. Di termin kedua, moderator hanya menampung satu pertanyaan karena ketersediaan waktu yang terbatas.

Alhamdulillah pada kajian kitab yang diprakarsai oleh bidang pendidikan ini berjalan dengan lancar dan diikuti dengan antusias oleh para mustami’in yang hadir. Sampai pada penghujung acara yaitu doa yang dipimpin oleh Ustadz Fajar Agustan, B.Sh dan kemudian penutup. Semoga Muslimat NU Sudan tetap istiqomah untuk menghadirkan kegiatan-kegiatan yang bermaanfaat dan terus berjaya, amin. (Ima/Fuad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here