Bapak Para Mahasiswa Asing di Sudan; Syeikh Abdullah Makki Shodiq Muhammad

0
51
views

Syeikh Abdullah Makki Shodiq Muhammad

yang akrab disapa Syeikh Makki oleh Mahasiswa Indonesia ini adalah salah seorang Ulama Sudan yang sudah lama menjadi Mustasyar PCINU Sudan.

Sudah tak perlu dipertanyakan lagi kiprah dan perjuangan beliau di Sudan. Abul Wafidin atau Bapak Para Mahasiswa Asing disematkan padanya. Tak heran tentunya, sebab berkat bantuan beliaulah ribuan mahasiswa dari penjuru dunia bisa melanjutkan study perkuliahan di Sudan maupun di Luar Sudan.

Syeikh Makki sosok yang sepuh dan tangguh ini lahir di Sudan 94 tahun lalu tepatnya pada 3 Januari 1924 M. Meski usianya sudah sangat senja beliau tidak kenal rasa lelah. Beliau masih sering ikut seminar dan pelatihan baik di Sudan maupun di Luar Sudan.

Syeikh Makki mengawali pendidikan Ibtidaiyah, Mutawassithah, dan Tsanawiyah di Madrasah As Asyraf al Khash Khartoum. Dan kemudian melanjutkan Pendidikan Diplom di Universitas Bakhtur Ridlo jurusan Pendidikan Guru. Tak puas di Sudan Syeikh Makki muda pun memberanikan diri untuk kembali menempuh jenjeng Pendidikan Diplom di Universitas Leicester, Inggris dengan jurusan Matematikan dan Ekstrakulikuler Olah Raga.

Setelah menyelesaikan pendidikan di Inggris, Syeikh Makki tidak langsung kembali ke Sudan. Dia bersama beberapa rekannya nekat mengadu nasib di Saudi Arabia. Tapi dengan kenekatannya tersebut dan dengan keuletan serta kecerdasan beliau, Syaikh Makki berhasil mendirikan An Nadwah Al Alamiyah lis Syabab Al Islami (semacam organisasi dunia yang memberikan banyak bantuan beasiswa bagi pelajar muslim).

baca juga: Welcome to Islam Organization Sudan; Syeikh Dr. Muhammad Nur Abdullah

Melalui organisasi inilah saat ini sudah lebih dari 30 juta mahasiswa di penjuru dunia mampu melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Tidak hanya di Saudi Arabia. Syeikh Makki juga mendirikan organisasi ini di Malaysia, Kenya, Etiopia, dan Chad.

Kepiawaian beliau dalam berdiplomasi membuatnya dikenal oleh para petinggi negara baik Sudan mapun luar Sudan. Terbukti sampai saat ini di usia beliau yang hampir mencapai satu abad, beliau masih menduduki jabatan penting seperti: Rais Majlis Idaroh Wafidin, Rais Majlis Umana’ Jamiyyah Quran Karim, Mustasyar Darul Mushaf Afrika dan masih banyak lainnya.

Semoga Allah SWT selalu menjaga beliau dan memberikan beliau usia yang berkah, panjang umur serta kesehatan selalu, amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here