Sang Pendakwah di Eropa Timur; Syekh Al Fatih Ali

0
644
views
Syaikh al Fatih Ali Hasanain

Syeikh Al Fatih Ali Hasanain

Beliau adalah salah satu Ulama Sudan yang sudah lama menjadi Mustasyar PCINU Sudan.

Syekh Al Fatih lahir pada tahun 1946 di Propinsi Sinar, tenggara Sudan. Dan menyelesaikan pendidikan kedokteran di Universitas Beograd, Serbia. Serta mengambil gelar spesialis penyakit dalam di Universitas Vienna, Austria.

Beliau adalah seorang dokter dan dai dari Sudan yang tersohor serta banyak peranannya dalam penyebaran agama Islam khususnya di Eropa Timur.

Sosok Ulama yang bersahaja, tawadhu’, dan perhatian ini dulunya adalah penasehat Presiden Bosnia dan pernah menjadi Ketua Majlis Tertinggi Austria. Bahkan Syekh Al Fatih juga pernah diangkat menjadi dewan penasehat presiden Yugoslavia.

Mendirikan beberapa lembaga pendidikan diantaranya: Sekolah Al Ghazi di Istanbul dan Sekolah Tinggi di Bosnia. Serta beberapa lembaga sosial agama.

Dalam peranannya sebagai Mustasyar PCINU Sudan, Syekh Al Fatih sangat memperhatikan pendidikan dan pengaderan anggota NU Sudan khususnya dalam hal pengembangan Bahasa Arab dan penyiaran dakwah.

Pada hari Kamis malam di setiap pekannya, warga NU Sudan selalu datang ke kediaman beliau untuk berdzikir bersama, membaca sholawat, dan berlatih menyampaikan mauidzah berbahasa Arab.

Beberapa karangan beliau antara lain:

١. جسر على نهر الدرينا
٢. الطريق الى فوجا
٣. لمعان البروق في سيرة مولانا احمد زروق
٤. مأساة المسلمين في باغاريا
٥. موسوعة الاسر المغاربية وانسابها في السودان

Dan kitab ايها الولد المحب yang kemudian diterjemahkan oleh Muhammad Tajul Mafachir anggota PCINU Sudan.

Baca juga: Nostalgia Keindahan Konfercab NU Sudan

Tinggalkan Balasan