PENYAKIT RASA TAKUT

0
36
views

#Ngajiposonan 8 : Penyakit Rasa Takut

و بهذا اﻹﺳﻨﺎد رواﻳﺔ ﻋﻦ أﻧﺲ ﺑﻦ ﻣﺎﻟﻚ رﺿﻲ اﷲ ﺗﻌﺎﱃ ﻋﻨﻪ ﻗﺎل: ﻗﺎل رﺳﻮلﷲ ﷺ : “ﻣﻦ ﻗﺎل ﻻ إﻟﻪ إﻻ اﷲ وﻣﺪﻫﺎ ﻫﺪﻣﺖ ﻟﻪ أرﺑﻌﺔ آﻻف ذﻧﺐ ﻣﻦ اﻟﻜﺒﺎﺋﺮ” ﻗﺎﻟﻪ ﻋﻠﻲ رﺿﻲ اﷲ ﺗﻌﺎﱃ ﻋﻨﻪ.

Dengan sanad seperti diatas, terdapat sebuah riwayat dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bahwa ia berkata, “Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda ‘Barang siapa membaca لا إله إلا الله dan ia mengucapkan terus dan lama, maka 4000 dosa besarnya telah sirna.” Hadis ini diriwayatkan oleh Ali radhiyallahu ‘anhu.

وورد ﰱ ﳎﻠﺲ ﺗﻔﺴﲑ اﻟﻘﺮآن ﻟﻠﺸﻴﺦ اﻹﻣﺎم اﻟﺰاﻫﺪ ﻳﻌﻘﻮب اﻟﻜﺴﺎﺋﻰ رﲪﻪ ﷲ ﺗﻌﺎﱃ: أن ﺣﺎزم ﺑﻦ وﻟﻴﺪ رﺿﻲ اﷲ ﺗﻌﺎﱃ ﻋﻨﻪ ﻣﺮض ﻓﺄﺗﻰ ﻃﺒﻴﺒﺎ ﻓﺄﺧﺬ ﻧﺒﻀﻪ، ﻗﺎل: ﻟﻴﺲ ﰱ ﻧﻔﺴﻰ ﻋﻠﺔ، ولكن اسألوه عن حاله، فإن المرء اعلم بشأنه

Dan disebutkan di dalam kitab Majlisu Tafsir al-Quran karya Syaikh al-Imam az- Zahid Ya’qub al-Kisai, Semoga Allah merahmatinya, disebutkan sebuah riwayat bahwa Hazim bin Walid radhiyallahu ‘anhu jatuh sakit. Kemudian ia dibawa ke seorang dokter. Dokter tersebut memeriksa denyut jantungnya. Setelah diperiksa, si dokter berkata kepada orang-orang yang mengantarnya:
“Tidak ada penyakit yang diderita oleh Hazim bin Walid. Tetapi coba kalian bertanya kepadanya. Karena seseorang akan lebih tahu tentang keadaan dirinya sendiri”.

فسألوه: ﻗﺎل: ﻟﻴﺲ ﰱ ﻧﻔﺴﻰ ﻋﻠﺔ, وﻋﻠتي اﳋﻮف ﻣﻦ اﷲ ﺗﻌﺎﱃ اﻟﻌﺰﻳﺰ اﻟﻮﻫﺎب، وﺧﻮف اﻟﻌﺮض واﳊﺴﺎب وﺧﻮف زوال اﻹﳝﺎن وأﺻﲑ ﻣﺴﺘﺤﻘﺎ ﻟﻠﻌﺬاب، ﻓﻄﻮﰉ ﳌﻦ ﻛﺎن ﺧﺮوﺟﻪ ﻋﻦ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﺑﺎﻹﳝﺎن وﻣﺼﲑﻩ إﱃ اﳉﻨﺎن

Kemudian orang-orang bertanya kepada Hazim bin Walid “Sebenarnya penyakit apa yang anda derita?”.

“Aku tidak menderita suatu penyakit”. Penyakitku adalah rasa takut kepada Allah Yang Maha Mulia dan Maha Pemberi. Begitu juga aku takut dengan dilaporkan dan dihitungnya amal-amal dan takut dengan hilangnya keimanan sehingga aku menjadi orang yang berhak menerima balasan siksa. Maka beruntung sekali meninggal dunia dengan membawa keimanan dan tempat kembalinya adalah surga.”// (Ridwan)

Referensi عصفورية ص ١٥ دار الكتب الإسلامية

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here