GAMBARAN PENDUDUK SURGA

0
41
views

#ngajiposonan 14 : Gambaran Penduduk Surga

وﺟﺎء ﰱ اﳊﺪﻳﺚ آﺧﺮ ﻋﻦ أﰉ ﺳﻌﻴﺪ اﳋﺪرى رﺿﻲ ﷲ ﺗﻌﺎﱃ ﻋﻨﻪ ﻋﻦ اﻟﻨﱯ ﺻﻠﻰ ﷲ ﻋﻠﻴﻪ وﺳﻠﻢ أﻧﻪ ﻗﺎل: ﻳﻨﺎدى ﻣﻨﺎد إذا دﺧﻞ أﻫﻞ اﳉﻨﺔ ﰱ اﳉﻨﺔ: آن ﻟﻜﻢ أن ﲢﻴﻮا وﻻ ﲤﻮﺗﻮا أﺑﺪا، وآن ﻟﻜﻢ أن ﺗﺼﺤﻮا وﻻ ﺗﺴﻘﻤﻮا أﺑﺪا، وآن ﻟﻜﻢ أن ﺗﺸﺒﻮا وﻻ ﺮﻣﻮا أﺑﺪا، وآن ﻟﻜﻢ أن ﺗﺘﻨﻌﻤﻮا ﻓﻼ ﺗﺒﺄﺳﻮا أﺑﺪا

Disebutkan di dalam hadis lain dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa beliau bersabda, “Akan diserukan ketika penduduk surga memasukinya, ‘Telah tiba masa dimana kalian akan hidup dan tidak akan mati selamanya, kalian akan sehat dan tidak akan sakit selamanya, kalian akan muda dan tidak akan mengalami tua, dan kalian akan merasakan kenikmatan dan tidak akan merasakan kesedihan selamanya.’

وذﻟﻚ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﱃ: “وﻧﻮدوا أن ﺗﻠﻜﻢ اﳉﻨﺔ أورﺛﺘﻤﻮﻫﺎ ﲟﺎ ﻛﻨﺘﻢ ﺗﻌﻤﻠﻮن”

Seruan tersebut adalah Firman Allah dan diserukan kepada mereka, ‘Itulah surga yang diwariskan kepadamu disebabkan apa yang dahulu kamu lakukan’.” (QS. Al-A;raf 7:43)

وروي ﻋﻦ اﳌﻐﲑة ﺑﻦ ﺷﻌﺒﺔ رﺿﻲ ﷲ ﺗﻌﺎﱃ ﻋﻨﻪ أن اﻟﻨﱯ ﺻﻠﻰ ﷲ ﺗﻌﺎﱃ ﻋﻠﻴﻪ وﺳﻠﻢ ﻗﺎل: ﻧﺎﺟﻰ ﻣﻮﺳﻰ رﺑﻪ ﻗﺎل ﻳﺎ رب، أﺧﱪﱏ ﻋﻦ آﺧﺮ ﻣﻦ ﻳﺪﺧﻞ اﳉﻨﺔ، ﻛﻢ ﻳﻜﻮن ﻟﻪ ﻣﻦ اﳉﻨﺔ؟ ﻗﺎل ﷲ ﺗﻌﺎﱃ: ﻳﺎ ﻣﻮﺳﻰ، ﻻ ﻳﺒﻘﻰ ﰱ اﻟﻨﺎر ﻣﺴﻠﻢ إﻻ رﺟﻞ واﺣﺪ أﺧﺮﺟﻪ ﺑﺮﲪﱴ، ﻓﻴﻘﻒ ﻋﻠﻰ ﺑﺎب اﳉﻨﺔ ﻓﺄﻗﻮل ﻟﻪ: أدﺧﻞ اﳉﻨﺔ

Diriwayatkan dari Mughirah bin Syukbah radhiyallahu‘anhu bahwa sungguh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Musa bermunajat kepada Allah. Ia berkata; ‘Ya Allah! Beritahu aku orang yang terakhir masuk surga dan berapa banyak bagian surga baginya?’ Allah menjawab, ‘Hai Musa! Tidak ada seorang muslim yang berada di neraka kecuali satu orang yang akan Aku keluarkan dari sana (neraka) dengan rahmat-Ku. Kemudian ia berhenti di pintu surga. Kemudian Aku berkata kepadanya; Masuklah ke dalam surga!

ﻓﻴﻘﻮل: ﻛﻴﻒ أدﺧﻞ اﳉﻨﺔ وﻗﺪ أﺧﺬ اﻟﻨﺎس ﻣﻨﺎزﳍﻢ ودرﺟﺎ ﻢ ﻓﻠﻢ ﻳﺒﻖ ﱃ ﺷﻴﺊ وﻻ ﻣﻜﺎن؟ ﻓﺄﻗﻮل ﻳﺎﻋﺒﺪى، أﺗﺮﺿﻲ ﰱ اﳉﻨﺔ ﻣﻦ اﳌﻜﺎن ﻣﻘﺪار ﳑﻠﻜﺔ ﻣﻠﻜﲔ ﻣﻦ اﻟﺪﻧﻴﺎ؟ ﻓﻴﻘﻮل: ﻗﺪ رﺿﻴﺖ. ﻓﺄﻗﻮل ﻟﻪ: أدﺧﻞ اﳉﻨﺔ وﻟﻚ أﺿﻌﺎف ذﻟﻚ. ﻓﺄﻋﻄﺎﻩ ﺑﻘﺪر ﳑﻠﻜﺔ أرﺑﻌﺔ ﻣﻦ ﻣﻠﻮك اﻟﺪﻧﻴﺎ.

Ia menjawab ; “Bagaimana aku mau masuk surga sedangkan orang-orang di dalamnya telah menempati tempatnya dan derajatnya masing-masing sedangkan aku tidak kebagian sesuatu pun dan satu tempat pun. Kemudian Allah berfirman ; “Hai hamba-Ku! Apakah kamu ridho di surga mendapatkan satu kerajaan yang berukuran seperti dua kerajaan di dunia?” Kemudian ia menjawab ; “Aku ridho.” Kemudian Allah berfirman ; “Masuklah ke dalam surga! Bagimu adalah kelipatan ganda ukuran kerajaan tersebut. Kemudian Allah memberinya satu kerajaan yang seukuran empat kerajaan dunia.”

ﻗﺎل اﳌﺼﻨﻒ رﲪﺔ ﷲ ﻋﻠﻴﻪ: ﻳﻜﻮن ﻣﺜﻞ ﺧﺮاﺳﺎن وﻋﺮاق وﳝﻦ وشام.

Penyusun kitab al-‘ushfuriyyah yakni Muhammad bin Abu Bakar semoga Allah merahmatinya, berkata, “Kerajaan tersebut (4 kerajaan dunia) seukuran tanah Khurasan (Iran Timur), Irak, Yaman dan Syam (Syiria).”//(Ridwan)

Referensi عصفورية ص ١٩-٢٠ دار الكتب الإسلامية

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here