Lakpesdam NU Sudan Selenggarakan Seminar Internasional

0
163
views
NU Sudan

PCINUSUDAN.COM-Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU Sudan, menyelenggarakan seminar internasional pada Sabtu (28/12). Seminar yang bekerjasama dengan Kementerian Agama dan Wakaf Sudan tersebut, mengangkat tema “Membangkitkan Peran Peradaban Islam di Era Milenial” dan menghadirkan Kepala Kantor Menteri Agama Sudan (Dr. Mohamed Abdel Rahman) sebagai Pemateri I dan Mustasyar PCINU Sudan (Kiai Ribut Nur Huda, MA) sebagai Pemateri II.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Wisma Pekerja Bank dan Asuransi, Khartoum tersebut, dihadiri secara antusias oleh tidak kurang dari 180 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa/i dari berbagai negara, antara lain Indonesia, Nigeria, Suriah, Turki, Sinegal, Thailand, Malaysia, Filipin, Afghanistan dan Sudan.

Dalam sambutannya Wakil Ketua Tanfidziyah (Imam Musthafa, BA) menyampaikan sejarah dan peran NU sebagai garda terdepan dalam usaha meraih kemerdekaan RI dan peningkatan SDM Indonesia dalam mengisi era milenial. Dirinya juga menyebutkan bahwa PCINU Sudan memiliki tanggungjawab dalam diplomasi literasi di kanca internasional.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Dubes RI Khartoum (Rossalis R. Adenan). Dalam sambutannya Dubes RI Khartoum antara lain menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya seminar tersebut dan mengharapkan agar Seminar tersebut dapat membuat rumusan terkait langkah kongkrit yang dapat dilakukan oleh generasi milenial Islam, terutama dalam bentuk metode dan sitem pendidikan yang Islami yang dapat mengakomodir kebutuhan untuk mempersiapkan pribadi yang siap bersaing dan menang dalam era milenial.

Kemudian acara dilanjutkan dengan seminar internasional yang dipandu oleh moderator (Hardi Dzulkarnain, S. Pd). Dalam paparan materi, para pemateri antara lain menyampaikan tantangan dan peluang yang akan dihadapi generasi milenial dalam membangkitkan peran peradaban Islam. Para peserta juga mengikuti acara secara antusias, yang terlihat dari keaktifan peserta dalam sesi tanya jawab.

Pengurus LAKPESDAM NU Sudan bersama Narasumber Seminar Internasional

Di penghujung acara, dilakukan penyerahan penghargaan kepada para pemateri dan foto bersama. Dan diakhiri denga doa yang dipimpin oleh Rais Syuriyah PCINU Sudan (H. M. Akhyaruddin, B. Sh). //(Luqman Hambali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here