H-9: Antusias Warga Nahdliyin Memuncak! PCINU Sudan Gelar Sosialisasi Konfercab XIX

0
76
views
PCINU Sudan Gelar Sosialisasi Konfercab XIX

PCINUSUDAN.COM – Panitia Konfercab ke-19 PCINU Sudan menyelenggarakan sosialisasi Konfercab pada Rabu (18/3) di Wisma PCINU Sudan. Acara ini diselenggarakan untuk memperkenalkan kepada santri-santri NU Sudan tentang gambaran umum dan mekanisme pelaksanaan Konfercab yang akan diselenggarakan pada Jumat, 27 Maret mendatang.

Ketua Tanfidziyah PCINU Sudan, Eri Prasetiyanto, menyampaikan ungkapan terimakasihnya kepada semua panitia Konfercab atas usaha dan jerih payahnya demi kesuksesan acara, yang mana pada Konfercab tahun ini muncul banyak terobosan-terobosan baru yang berbeda dari Konfercab tahun lalu.

Materi sosialisasi dibagi menjadi dua, yaitu gambaran umum Konfercab dan mekanisme pelaksanaan Konfercab. Materi pertama gambaran umum seputar Konfercab, disampaikan langsung oleh Khafidzul Umam selaku Steering Committee (SC) Konfercab ke-19.

Beliau memaparkan bahwa acara Konfercab nantinya akan berjalan selama tiga hari, dimana hari pertama berisikan beberapa sidang yang membahas tentang; Tata Tertib Sidang, AD/ART (Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga) PCINU Sudan, Program Kerja PCINU Sudan, dan Rekomendasi. Hari kedua akan dilaksanakan pemilihan Rais Syuriyah dan Ketua Tanfidziyah periode 2020-2021. Lalu dilanjutkan hari ketiga yang akan dilaksanakan pelantikan pengurus PCINU Sudan masa khidmah 2020-2021 dan musyawarah kerja.

Salah satu hal yang terpenting dalam sidang juga meliputi pembahasan mengenai Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) PCINU Sudan masa khidmah 2019-2020. Adapun selain pengurus diberikan hak untuk menilai kinerja pengurus, baik Tanfidziyah maupun lembaga-lembaga PCINU Sudan. Penilaian tersebut dapat disimpulkan melalui diterima atau tidaknya kinerja mereka selama satu tahun ini.

“Dalam acara akan ada LPJ, laporan kinerja pengurus selama satu tahun, baik Tanfidziyah maupun lembaga-lembaga. Selain pengurus, diberi hak untuk menilai diterima atau tidaknya kinerja mereka. Syukur-syukur diterima tanpa syarat,” jelasnya.

Beliau menjelaskan dalam acara Konfercab tersebut, akan ada pemilihan Rais Syuriyah yang akan dipilih langsung oleh Ahli Halwa (Ahlul Halli wal Aqdi) dan pemilihan Ketua Tanfidziyah yang akan dilakukan secara demokrasi. 

“Nanti juga ada pemilihan Rais Syuriyah oleh Ahlul Halli wal Aqdi yang beranggotakan 5 sesepuh PCINU Sudan atau anggota yang dianggap pantas untuk menjadi Ahli Halwa, kemudian ada pemilihan Ketua Tanfidziyah secara demokrasi,” lanjutnya.

Kemudian materi kedua disampaikan oleh ketua Organizing Committee (OC), Ma’rifat Dzaki Assindi, tentang mekanisme pelaksanaan Konfercab yang merupakan hajatan besar rutinan PCINU Sudan setiap setahun sekali.

Beliau memaparkan secara rinci tentang mekanisme pelaksanaan acara, mulai dari seragam yang akan dikenakan, pemberangkatan, pelaksanaan acara, hingga rencana dadakan apabila tidak diperbolehkan melaksanakan kegiatan akibat dari Corona Virus Disease (Covid-19).

“Mulai hari ini sampai hari-H Konfercab, acara kita akan padat dan sekarang kita sudah H-9. Untuk pakaian hari pertama bebas, hari kedua dan ketiga memakai seragam batik PCINU. Dikarenakan sekarang sedang terjadi wabah Covid-19, sebelum kita berangkat ke lokasi, hendaknya kita menunggu di dalam bus, jangan diluar. Begitupun ketika sampai di lokasi, cepat-cepat masuk gedung!” jelas ketua OC tersebut.

Beliau juga berpesan, dalam rangka menyongsong PCINU Sudan yang lebih baik di masa yang akan datang, anggota PCINU Sudan dimohon mengeluarkan gagasan, pemikiran, dan sarannya untuk PCINU Sudan dua tahun kedepannya.

Sebelum acara ditutup, pembawa acara memberikan kesempatan kepada seluruh peserta acara untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan apa yang telah dipaparkan oleh kedua pemateri dan dilanjutkan pembagian doorprize.//(Najmuddin dan Aghniya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here