Ketua Partai Umma Sudan Menolak Normalisasi dengan Israel

0
131
views
Sumber: www.aljazeera.net

PCINUSUDAN.COM – Sudan telah masuk dalam daftar terorisme sejak 1993. Akibatnya, ia dilarang menerima bantuan internasional yang akan membantu menstabilkan pemerintahan barunya dan mengonsolidasikan demokrasi.

Adanya embargo tersebut mendorong Ketua Partai Umma di Sudan, Sadiq al-Mahdi, memperingatkan pemerintah transisi Sudan untuk tidak mengambil keputusan normalisasi hubungan dengan Israel agar negara itu tidak mengambil keputusan kontroversial di saat pemerintah AS menawarkan untuk menghapus Sudan dari daftar negara pendukung terorisme dengan syarat menjalin hubungan dengan Tel Aviv. Seperti yang dilansir dari Aljazeera.net pada Minggu (26/9).

Dalam sebuah seminar tentang bahaya normalisasi dengan Israel, Al-Mahdi meminta pemerintah untuk menghentikan apa yang dia sebut komunikasi serta proses yang tidak relevan dalam normalisasi hubungan dengan Tel Aviv, serta dia menganggap cara Amerika Serikat menawarkan perjanjian tersebut sebagai sebuah pemerasan bagi negara Sudan untuk segera melakukan normalisasi tersebut.

Diketahui bahwa tiga hari ini, pemerintahan presiden Amerika Serikat, Donald Trump, telah berencana mencoret nama Sudan dari daftar negara pendukung terorisme. Diharapkan dengan ini, politik luar negeri era Donald Trump bisa dianggap telah sukses apalagi jika normalisasi hubungan Sudan dengan Israel dapat tercapai. Langkah tersebut sejatinya bertepatan dengan semakin dekatnya pemilihan presiden Amerika Serikat yang akan diselenggarakan pada tanggal 3 November mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here