Generasi Pecinta Al-Qur’an; TPQ Faaliqul Ishbah

0
55
views
TPQ Faaliqul Ishbah

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Faaliqul Ishbah adalah lembaga pendidikan Islam dan pengajaran Al-Qur’an di luar sekolah formal untuk anak-anak usia 1-10 tahun yang diselenggarakan oleh perangkat Kependidikan Muslimat NU Sudan. Telah berdiri sejak tahun 2016 dan disahkan oleh KBRI Khartoum Sudan melalu surat balasan, No:423/05/06/2016/KRT, dan resmi dibuka pada tanggal 15 Juli 2016 oleh Bapak Rossalis Rusman Adenan, MBA selaku Duta Besar RI untuk Sudan dan Eriteria.

TPQ Faaliqul Ishbah memiliki Visi “Tampil menjadi satu lembaga pendidikan yang konsisten berkiprah mencetak generasi muda islami yang siap meneruskan perjuangan ulama’ dalam menegakkan agama Allah dan menyongsong masa depan yang gemilang”. Adapun Misinya yaitu “Menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan generasi terutama anak-anak pecinta Al-Qur’an”.

Pada Jumat (23/10) telah dibuka kembali TPQ Faaliqul Ishbah tahun ajaran 2020/2021 di Bayt Pink, Arkaweet 49 pukul 15.00 CAT, diawali dengan sholat Ashar berjama’ah dan pembacaan Asmaul Husna bersama.

Acara pembukaan kali ini dipimpin oleh Inarotul Jalalah selaku pembawa acara. Kemudian diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an, berikutnya sambutan dari Ketua Muslimat NU Sudan.

“Harapannya semoga generasi santri cilikdi TPQ ini bisa menjadi generasi yang bertakwa, hebat, dan bermanfaat di masa depan nanti,” harap Leni Latipah, Ketua Muslimat NU Sudan.

Pekan pertama diisi ta’aruf antar anak didik dengan para pengajar terlebih dahulu. Adapun para pengajarnya dibedakan per usia anak didik: Ustadzah Mala Himma Ulya, Ustadzah Alieva Najla Naely, Ustadzah Nisrina Salsabila mengajar anak didik berusia 1 tahun; Ustadzah Nurul Fadhilah, Ustadzah Siti Wardiah, Ustadzah Veriza Nurkholiza mengajar anak didik berusia 2-3 tahun; Ustadzah Yustira Nur Fadhilah dan Ustadzah Leni Latipah mengajar anak didik berusia 4-5 tahun; dan Ustadzah Ayu Widiya Nita mengajar anak didik berusia 6-10 tahun.

Hingga saat ini, tercatat 23 anak didik yang sudah mendaftar TPQ Faaliqul Ishbah. Kedepannya, TPQ berjalan seminggu sekali setiap Jumat yang akan diisi materi pokok dan materi penunjang dengan metode pengajaran tanya jawab, latihan, dan pemberian tugas individu.

Acara ditutup dengan foto bersama dan pembagian snack kepada anak didik baru TPQ Faaliqul Ishbah.//(Lutev)

Baca Juga: Kolaborasi NU dan Muhammadiyah Dalam Diskusi Hari Santri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here