Maulid Nabi Mempersatukan PCINU Sudan dan Mahasiswa Thailand

0
43
views
Dokumentasi acara maulid mahasiswa Thailand bersama PCINU Sudan

PCINUSUDAN.COM-Di tengah jadwal padat yang biasa terjadi di bulan kelahiran Nabi Muhammad, PCINU Sudan bersama Tim Hadroh Jam’iyyah Syifaul Qulub (JSQ) menghadiri undangan dalam acara Maulid Nabi Muhammad pada Sabtu (31/10) di salah satu Qoah (auditorium) Universitas Islam Omdurman pukul 09.00 CAT.

Acara ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Mahasiswa Fathoni Thailand dari berbagai universitas di Sudan seperti Universitas Al Quran Al Karim, Universitas Omdurman, Universitas Internasional Afrika, dan Institut Tarjamah Islamiyah yang mana memiliki keseluruhan anggota lebih dari 300 mahasiswa.

Dalam acara tersebut, JSQ tampil apik sekitar 30 menit untuk menyenandungkan shalawat indah kepada Nabi Muhammad di hadapan ratusan mahasiswa serta mahasiswi Thailand yang sedang berada di Sudan.

Acara tersebut ditujukan untuk mengagungkan hari kelahiran Nabi Muhammad sebagai rahmat alam semesta serta untuk menumbuhkan cinta dengan menggaungkan pujian-pujian kepada beliau berlangsung khidmah dan lancar dengan kehadiran peserta sekitar 200 mahasiswa Thailand.

Hubungan antara Perhimpunan Mahasiswa Fathoni di Sudan dengan PCINU Sudan sendiri telah terjalin dua tahun dengan turut hadirnya mahasiswa Thailand ke acara PCINU Sudan. Begitu pula PCINU Sudan, seperti silaturahmi ke kediaman Pelajar Thailand Selatan (Pattani) pada tahun 2019 lalu. Adapun secara individu, hubungan antara keduanya sudah terjalin sejak lama dilihat dari keakraban dan saling kenal antar anggota kedua organisasi tersebut di luar acara.

Tim Website PCINU Sudan pun berkesempatan berbincang ringan dengan Ketua Perhimpunan Mahasiswa Fathoni di Sudan, Ameen Hajj Hasan, beserta wakilnya, Jamaluddin Abdul Ghaffar.

“Kami berharap akan terus terjalin antara kami dengan Nahdlatul Ulama dalam berbagai acara seperti shalawatan kepada Nabi Muhammad terutama kerjasama dalam bidang pengembangan keilmuan dan bertukar pikiran,” ujar Ketua Perhimpunan Mahasiswa Fathoni di Sudan, Ameen Hajj Hasan.

Beliau juga mengapresiasi penampilan dari penampilan JSQ yang menurutnya terus berkembang dari masa ke masa.

“Grup JSQ bagus. Seperti yang saya lihat selama saya di Sudan selalu ada perkembangan. Meski ada perubahan personil, namun perkembangannya terus meningkat,” imbuhnya.

Selain dari penampilan JSQ, acara tersebut juga diwarnai dengan ceramah keagamaan tentang keutamaan merayakan maulid dan ditutup dengan penampilan grup shalawat Thailand. Seusai acara tersebut, Tim Hadroh JSQ berpamitan pulang karena masih ada undangan mengisi acara Maulid Nabi lainnya yakni di kediaman salah satu Mustasyar PCINU Sudan, Syaikh Hasyim Mu’tashim pada sore harinya.//(Najmuddin)

Baca juga: Bersholawatlah Maka Kamu Akan Bahagia; Perayaan Maulid Nabi PCINU Sudan

PRESS RELEASE Pembacaan Maulid Nabi al-Barzanji; Harmoni Cinta Nahdliyyin dari Berbagai Negara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here