Malam Tirakatan di Hari Kemerdekaan

0
29
views

Malam tirakatan merupakan event peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) sebagai sarana kontemplasi atau perenungan spiritual, yaitu dengan memusatkan kekuatan batin kita agar dapat menunaikan cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945. Selain itu, malam tirakatan merupakan perwujudan rasa cinta terhadap tanah air dan sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia.

Salah satu cara kita mengisi malam tirakatan yaitu dengan men-dawam-kan bacaan Al Quran, dengan harapan mendapatkan keberkahan dan menjauhkan musibah atau bala’ yang menimpa bangsa Indonesia. Hal itulah yang menjadi latar belakang Lembaga Pengkajian AL Quran (LPQ) NU Sudan menyelenggarakan acara khatmil Quran bil Ghaib pada tahun ini.

Kegiatan ini dilaksanakan segabai wujud rasa cinta terhadap tanah air dan ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia. Selain itu, mahasiswa Indonesia di Sudan yang berpartisipasi dapat mengembangkan potensi hafalan Al Quran dan dapat dijadikan sebagai sarana murojaah hafalan.

Khotmil Quran dilaksanakan pada Senin (16/7) pukul 19.00 CAT hingga Selasa (17/7) pukul 20.00 CAT di Wisma PCINU Sudan. Dimulai dengan pembacaan tawassul oleh Kiai Ahmad Faridi dan berlanjut pembacaan Al Quran bil ghoib oleh mahasiswa Indonesia di Sudan. Selanjutnya, disusul dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh KH. Khafidul Umam dan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh KH. Dzakwanul Faqih.

Penulis: LPQ NU Sudan

Tinggalkan Balasan