Konfercab XX, Momentum Membangun Kemandirian

0
34
views

Konferensi Cabang ke-20 (Konfercab XX) Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Sudan (PCINU Sudan) adalah momentum tahunan PCINU Sudan dan merupakan hajat besar yang menjadi pondasi awal berjalannya organisasi ini khususnya untuk satu tahun kedepan. Nantinya dalam acara tersebut, Rais Syuriyah yang akan dipilih langsung oleh Ahlul Halwa (Ahlul Halli wal Aqdi) dan pemilihan Ketua Tanfidziyah yang akan dilakukan secara demokrasi.

Acara Konfercab XX ini dengan izin Allah akan dilaksanakan pada Jumat pagi tanggal 17 September 2021 dan mengambil tema “Kontekstualisasi Visi Global Nahdlatul Ulama dalam Menyongsong 1 Abad” yang mana tema ini diresmikan pada Rapat Pleno yang dihadiri seluruh panitia Konfercab XX pada 18 Agustus lalu di Wisma PCINU Sudan.

Melihat betapa pentingnya acara ini, maka semua santri NU Sudan dan seluruh pengurusnya diharapkan dapat menghadiri serta memberikan hak pilihnya. Akan dihadiri tamu dari perwakilan organisasi-organisasi di Sudan baik kemahasiswaan atau pekerja Indonesia. Masyarakat Sudan dari kalangan pemerintah maupun ulama dan beberapa organisasi negara sahabat juga akan menjadi tamu istimewa.

Karena acara ini adalah suatu agenda yang sifatnya setiap tahun terus diadakan, maka pendanaan menjadi salah satu faktor terpenting dalam kesuksesan acara ini. Dengan tujuan khidmah serta semangat kemandirian, panitia Konfercab XX pun telah kembali menggerakkan Koin Konfercab (KoKo) seperti pada edisi sebelumnya. KoKo yang terinspirasi dari Koin Muktamar NU ke-34 ini sendiri adalah terobosan dalam upaya membangun kemandirian NU, sehingga tidak bergantung kepada siapa pun terkait semua kebutuhan Konfercab PCINU Sudan.

Koko tahun ini pun memiliki gerakan baru yang memanfaatkan perkembangan zaman yakni dengan platform digital (via transfer) sehingga yang di luar Sudan pun dapat berpartisipasi dalam acara ini. Gerakan ini bernama “20.20” yakni gerakan Rp. 20.000 untuk Konfercab edisi ke-20. Dengan memandang bahwa KoKo ini merupakan sedekah, maka tidak melulu harus di angka Rp. 20.000. Karena semakin banyak nominalnya, maka semakin banyak pula pahala yang didapat oleh orang yang bersedekah.

Terhitung sejak diresmikannya KoKo Konfercab XX pada rapat perdana tanggal 18 Agustus hingga hari ini (4/9), dana yang terkumpul mencapai Rp. 11.803.808 atau sekitar 24,59% dari dana yang dibutuhkan (Rp. 48.000.000). Bagi siapa pun yang ingin berpartisipasi pada Koin Konfercab ini bisa melakukannya melalui jalur offline dan online. Partisipasi melalui offline adalah dengan cara konvensional, seperti memasukkan uang ke kotak KoKo yang biasa ada di Wisma PCINU Sudan atau ke panitia Humas Konfercab XX. Sementara melalui online bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti transfer via Dana 0877 7019 0461 a/n Fachri Ananda M atau ke rekening BSI eks Mandiri Syariah (451) 7128171252 a/n Fachri Ananda M.

Semoga Konfercab XX PCINU Sudan ini bisa berjalan dengan sukses dan lebih bermanfaat untuk masa depan PCINU Sudan terutama bagi agama, nusa, dan bangsa Indonesia. Koin Konfercab XX (KoKo) PCINU Sudan ini juga akan terus berjalan hingga satu hari sebelum diadakannya acara tersebut.

Penulis: M. Najmuddin

*Sumber: Bincang santai bersama Ketua Organizing Committee (OC) Konfercab XX, Muhammad Aklilul Huda, pada Sabtu (04/09) di kediamannya.

Tinggalkan Balasan