Diplomasi dengan Institusi Bahasa Arab Sudan, PCINU Sudan Menghadiri Undangan Seminar Peringatan Hari Bahasa Arab Internasional

0
93
views

Delegasi Kaukabul Fushaha sebagai Duta bahasa Arab PCINU Sudan menghadiri undangan Majma Lughah (Institusi Bahasa Arab) Sudan dalam Seminar Peringatan Hari Bahasa Arab Internasional dan berkesempatan melakukan diplomasi dengan para petinggi institusi tersebut pada Senin (27/12).

Majma Lughah adalah institusi yang telah berdiri sejak tahun 1993 yang fokus pada pengembangan bahasa Arab serta memfasilitasi pelatihan bahasa Arab bagi para dai di Sudan.

Baca juga Lakpesdam PCINU Sudan Sukses Berdiplomasi Dengan Majma Lughah

Hadir dalam seminar tersebut para petinggi Majma Lughah serta tokoh besar Sudan, diantaranya Rais Majma’ Lughah (Direktur Majma Lughah) Sudan, Prof. Dr. Bakri Muhammad Alhaj, Penyusun Mu’jam At-Tarikhi Lil Lughah al-Arabiyah (Ensiklopedia Historis Bahasa Arab), Dr. Sholah Ahmad Muhammad al-Dausy, Ketua Yayasan Prof. Abdullah Thayyib dan Ketua Komunitas Sya’ir Sudan, Dr. Shidiq Umar Shidiq, serta Plt. Wakil Kementrian Perguruan Tinggi dan Riset Sudan, Dr. Muhammad Zain Ali al-Basyir.

Seminar tersebut mengambil tema “Bahasa Arab dan Konsistensi Kemajuan Peradaban” yang dimoderatori oleh Prof. Ali Muhammad Syumu. Pada sesi pertama seminar, narasumber membahas dan membedah produktifitas karya tulis Arab di Sudan dan penyebarannya serta pengaruhnya untuk kemajuan peradaban. Lalu dilanjutkan dengan mengulik persoalan pengaruh media bahasa Arab dalam memajukan peradaban serta pengaruhnya dari sudut pandang pengetahuan Eropa dalam leksikal bahasanya.

Sesi terakhir adalah masukan dan pertanyaan yang membuat seminar berjalan menarik. Dalam sesi tersebut, para peserta yang hadir saling berargumen untuk sama-sama mendialogkan peran besar, perjalanan, serta komitmen bersama dalam memajukan peradaban melalui bahasa Arab.

Selain agenda seminar, terdapat juga acara Bedah Ensiklopedia Historis Bahasa Arab yang sudah sampai 24 jilid dalam penyusunannya.

Dipenghujung acara selesai, delegasi Kaukabul Fushaha berkesempatan bertemu langsung dan berdialog dengan Direktur Majma Lughah, Prof. Dr. Bakri Muhamad al-Haj, dan para stafnya untuk menyampaikan road map agenda strategis Kaukabul Fushaha seraya mengharap jalinan diplomasi dan kerja sama yang kuat dalam pengembangan bahasa Arab antara Kaukabul Fushaha dengan Majma Lughah kedepannya.

“Kami berterima kasih banyak, sudah diberi kesempatan untuk dapat hadir dalam acara besar dan spesial bersua dengan para pakar bahasa Arab Sudan dalam peringatan Hari Bahasa Arab Internasional,” ujar Ketua Tanfidziyah PCINU Sudan, Ustaz Abdurrokhim, yang ikut serta dalam seminar tersebut.//(Najmuddin)

Baca juga Jadikan Hari Libur Lebih Produktif, PCINU Sudan Adakan Studi Penerjemahan

Tinggalkan Balasan