Menanam serta Menumbuhkan karakter ala An-Nahdliyah

0
38
views

PCINUSUDAN.COM – Lembaga Kaderisasi Nahdlatul Ulama (LKNU) PCINU Sudan mengadakan pembukaan rangkaian kegiatan Orientasi Kader Baru (ORKABA) NU Sudan dengan tema “Menanam serta Menumbuhkan karakter ala An-Nahdliyah” pada Senin (14/2) di Wisma PCINU Sudan.

Dalam pembukaan tersebut, Naib Syuriyah, Kiai M. Ahmad Faridi, S.Ag dan Ketua Tanfidziyah PCINU Sudan, Ust. M. Abdur Rokhim, memberikan pembekalan ke-Aswaja-an kepada para kader PCINU Sudan dengan mengambil tema, “Sejarah NU dan Fikrah An-Nahdliyah”.

Kegiatan ini merupakan respon dari semakin bertambahnya kader-kader baru di lingkungan NU Sudan, serta perlunya PCINU sebagai Duta Nahdlatul Ulama untuk menumbuhkan identitas jati diri manhaj dasar keagamaan bagi para kader PCINU Sudan.

Oleh karena itu, LKNU sebagai lembaga yang memiliki posisi strategis dalam pengaderan, berinisiatif memberikan bekal wawasan dasar Islam Ahlussunnah wal Jamaah dan memperkuat nilai-nilai perjuangan NU dalam tegaknya Islam ala Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah kepada para kader PCINU Sudan dengan menggelar kegiatan ORKABA ini.

“ORKABA adalah bagian dari ikhtiar Lembaga Kaderisasi untuk menanamkan serta menumbuhkan jiwa militan kepada kader-kader baru NU sudan, dengan harapan dapat membentengi diri dari paham luar yang tidak sesuai dengan manhaj dasar NU,” ujar Ketua LKNU PCINU Sudan, M. Afifuddin.

Kegiatan ORKABA akan dilaksanakan dalam tiga pertemuan secara berurutan dari tanggal 15-17 Februari 2022. Pada pertemuan selanjutnya, para kader akan diberikan bekal wawasan bertema “Dakwah dan Amaliyah Nahdlatul Ulama” oleh K.H. Khafidul Umam, B,Sh (Rais Syuriyah) dan Usdh. Atikal Maula (Kabid. Alfanisa Muslimat NU Sudan).

Pertemuan selanjutnya, Kiai Danial Alya, S.Pd.I (A’wan Syuriyah) dan Ustdh. Yustira Nurfadilah (Ketua Muslimat) akan memberikan pembekalan tentang AD/ART, Qonun Asasi, dan Struktural NU.

Baca juga: [Coming Soon] Majalah TAF PCINU Sudan Edisi Februari 2022

Pada pertemuan terakhir, A’wan Syuriyah PCINU Sudan, Kiai. M. Hibatullah Zain, B.A dan Kiai. Yusron Kamal, B.S akan memberikan ilmu dan pengalaman mereka tentang PCINU Sudan dan Ke-Sudan-an.

“(Kegiatan ini) disamping juga mempersiapkan potensi-potensi baru yang siap akan visi, misi, dan mental perjuangan ala NU dalam menghadapi tantangan dalam lingkup lokal Sudan secara khusus, maupun global secara umum untuk sekarang maupun masa mendatang,” ujar M. Afifuddin dalam sambutannya.//(Najmuddin)

Tinggalkan Balasan