PCINU SUDAN

7 Kebiasaan Orang Sudan yang Dianggap Unik oleh Orang Asing

Dikenal dengan salah satu negara penghasil emas terbesar di Afrika, Sudan juga kerap menjadi sorotan dunia lantaran banyak hal-hal unik di dalamnya, baik yang dimiliki alamnya maupun hal-hal yang kerap dilakukan oleh orang Sudan sendiri.

Seperti sederet kebiasaan-kebiasaan orang Sudan yang dianggap unik oleh orang asing berikut ini:

1.Minum teh atau kopi di tengah terik matahari.

Ini adalah kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh orang Sudan. Banyak kita temukan orang sudan yang berjualan teh atau kopi di pinggiran jalan meskipun di tengah panasnya terik matahari.

2. Berbicara sambil menggerakan tangan.

Sering sekali kita temukan orang. Sudan menggerakan tangannya ketika berbicara langsung dengan seseorang, bahkan ketika menelepon pun, mereka menggerakan tangannya.

3. Menuangkan gula dengan takaran yang banyak.

Selain suka minum teh atau kopi di tengah terik matahari, kebiasaan yang satu ini juga membuat orang asing menggelengkan kepala, karena minum teh atau kopi mereka menuangkan gula yang sangat banyak sampai-sampai rasanya sangat manis. Juga banyak kita temukan orang-orang Sudan yang menderita penyakit diabetes karena mereka menuangkan gula dengan kadar yang banyak.

4. Nyeker (tak beralas kaki)

Kebiasaan ini sering kita temukan di desa atau kampung Sudan. Banyak dari mereka tidak menggunakan alas kaki sebab tanah di sana yang taksturnya seperti pasir sehingga tidak mudah kotor. Alasan lain karena bagian dari bentuk penghormatan mereka kepada tokoh agama dan lain-lain.

5. Mencampur nasi dengan susu

Kebiasaan ini dianggap aneh bagi orang asia yang umumnya makan nasi sebagai makanan pokok yang disandingkan dengan lauk pauk, seperti ayam, daging, telur, dan lain-lain. Berbeda dengan orang Sudan yang makan nasi campur susu.

6. Memasak daging dengan wajan bolong

Ini sering ditemukan di tempat makan atau restauran di Sudan. Mereka memasak daging dengan wajan yang berlubang di hampir setiap bagian wajan. Jenis masakan daging seperti ini disebut dengan “Sayyah”.

7. Mengendarai keledai

Di Sudan mengendarai keledai adalah suatu hal yang biasa mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Mereka suka mengendarai keledai di desa atau kampung untuk mengangkut barang dan untuk berjualan susu sapi asli, bahkan sering kita temukan orang Sudan mengendarai keledai di jalan raya perkotaan yang ramai dengan mobil dan bus.

Sekian hal-hal unik dari orang Sudan yang telah mungkin banyak dari kita berpikir “kok bisa?”. Namun, itulah kebiasaan suatu masyarakat tertentu, bukan cuma Sudan, pasti semua negara juga memiliki kebiasaan-kebiasaan yang unik dan menjadi ciri khas dari negara tersebut.

Penulis: Ahmad Farhan

Baca juga Sayid Muhammad al-Idrisi as-Sudani, Cicit Pendiri Tarekat Idrisiyah

One Response

Tinggalkan Balasan

Artikel Terbaru

Instagram Post

Rundown Acara Konfercab ke-21 PCINU Sudan Ayo ikuti keseruan rangkaian acara Konfercab ke-21 PCINU Sudan dengan tema “Satu Abad NU; Meneguhkan Peran Khidmah dan Aktualisasi Visi Multirateral An-Nahliyyah” , mulai tanggal 27 September 2022 - 22 Oktober 2022 _________________________________________ Ikuti terus Akun media sosial PCINU Sudan agar kalian tidak ketinggalan acara-acara dan info menarik terkait PCINU Sudan Instagram : pcinusudan Facebook : Nu Sudan YouTube : PCINU Sudan Website : www.pcinusudan.com _________________________________________ #PCINUSudan #KONFERCAB21NUSudan #GointernasionalNU #KoinKONFERCAB #MuslimatNUSudan #NahdlatulUlama
%d blogger menyukai ini: