PCINU SUDAN

Impian, Ekspektasi, dan Realita Studi Luar Negeri

Belajar hingga ke luar negeri tidak melulu tentang travelling, upload foto keren, ketenaran dan kesenangan, akan tetapi banyak persiapan serta pikiran yang perlu untuk dipersiapkan matang-matang. Seperti halnya keadaan suatu negara, mental, fisik, hingga finansial yang harus kalian matangkan sebelum berangkat ke negara tujuan. Berikut saya mencoba sedikit menjelaskan beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh calon pelajar Indonesia di luar negeri:

  1. Langkah pertama yang harus kalian perhatikan benar-benar adalah mencari tahu bagaimana realita keadaan negara tujuan.
  2. Kemudian kedua adalah persiapkan mental. Karena mental akan menjadi faktor penting yang bakal membuat kalian bertahan di negara tujuan apapun yang terjadi di sana.
  3.  Ketiga adalah fisik. Kenapa fisik? Karena fisiklah yang bakal menopang jiwa kalian untuk menghadapi segala realita dan kehidupan di sana. Selain realita dan kehidupan, ada juga problematika cuaca yang hampir setiap negara memiliki karakteristik cuaca tersendiri.

Kemudian selain ketiga langkah tadi ada juga yang paling penting yaitu finansial. Di mana dan kapanpun kita hidup pastilah akan membutuhkan yang namanya uang. Karena mata uang setiap negara tidaklah sama, maka kalian harus memperhatikan kurs mata uang negara tujuan kalian. 

Baca juga: Cerita Ramadan Kami di PCINU Sudan

Hidup di negara antah berantah bukanlah suatu hal yang mudah, tetapi ketika semua hal yang memang perlu kita butuhkan sudah tersiapkan dengan matang, maka segala kesulitan akan bisa kita antisipasi dengan baik.

Selain beberapa hal di atas, ada satu hal remeh yang sering terlupakan namun berdampak besar pada setiap langkah menjalani studi diluar negeri yaitu niat. Tanpa adanya niat yang kuat dan terarah, pastinya kita akan terombang-ambing dan tidak bisa menentukan arah pasti dari yang sebenarnya kita niatkan sebelum berangkat ke luar negeri.

Maka dari itu, setidaknya sebelum kita mampu mewujudkan mimpi untuk melanjutkan studi ke luar negeri, niat yang kita bangun dan yang akan kita bawa ke negara tujuan harus benar-benar kita tanamkan dalam-dalam ke prinsip yang akan menjadi pegangan di setiap langkah untuk meraih final goal sesuai dengan apa yang kita orientasikan di awal sebelum melangkahkan kaki untuk melanjutkan studi diluar negeri.

Kemudian terakhir, semoga segala cita-cita untuk melanjutkan studi ke luar negeri di negara yang kita mimpi-mimpikan bisa terwujud dan bisa memberikan realita yang baik sesuai dengan ekspektasi yang kita bangun di awal.

Penulis: Muhammad Afifuddin (Mahasiswa International University of Africa)

Tinggalkan Balasan

Artikel Terbaru

Instagram Post

Rundown Acara Konfercab ke-21 PCINU Sudan Ayo ikuti keseruan rangkaian acara Konfercab ke-21 PCINU Sudan dengan tema “Satu Abad NU; Meneguhkan Peran Khidmah dan Aktualisasi Visi Multirateral An-Nahliyyah” , mulai tanggal 27 September 2022 - 22 Oktober 2022 _________________________________________ Ikuti terus Akun media sosial PCINU Sudan agar kalian tidak ketinggalan acara-acara dan info menarik terkait PCINU Sudan Instagram : pcinusudan Facebook : Nu Sudan YouTube : PCINU Sudan Website : www.pcinusudan.com _________________________________________ #PCINUSudan #KONFERCAB21NUSudan #GointernasionalNU #KoinKONFERCAB #MuslimatNUSudan #NahdlatulUlama
%d blogger menyukai ini: