PCINU SUDAN

PENGURUS CABANG ISTIMEWA NAHDLATUL ULAMA (PCINU) SUDAN

Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Sudan didirikan pada tanggal 1 Muharram 1420 H, bertepatan dengan tanggal 6 April 2000 M, bertempat di Masjid Agung Khartoum Sudan dengan dikomandani oleh Bapak Dr. H. Ahmad Sayuti Anshori Nasution, MA. sebagai Rais Syuriyah dan Bapak H. Muhammad Sangid, MA sebagai Ketua Tanfidziyah, periode 2000-2001 M.

Berdirinya PCINU Sudan tidak lepas dari kebutuhan untuk belajar berorganisasi, berdakwah dan bermasyarakat. Meskipun banyak tantangan dan rintangan, baik ekstern maupun intern, tapi Alhamdulillah PCINU Sudan tetap eksis sampai sekarang berkat rahmat dan inayah Allah SWT.

Dalam perjalanan sejarahnya, PCINU Sudan masa khidmah 2021-2022 ini telah masuk pada periode kedua puluh satu untuk mengemban estafet amanat kepengurusan.

Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Sudan diresmikan pada tanggal 23 Januari 2002 M melalui Surat Keputusan PBNU sebagai PCINU Khartoum Sudan di Wisma Duta KBRI Khartoum Sudan untuk waktu yang tak terbatas. Dan diakui pada tanggal 23 September 2007 M oleh Pemerintah Republik Sudan dengan SK Kementrian Irsyad wal Auqof .وإق/ إع ع غ :N

Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Sudan memiliki landasan dasar pergerakan atau nilai-nilai yang menjadi rujukan dan alasan dalam mewujudkan visi dan misi organisasi. Landasan dasar tersebut adalah:

  1. Islam yang menganut faham Alhussunnah wal
    Jama’ah.
  2. Asas Pancasila dan UUD Negara 1945.
  3. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah
    Tangga (AD/ART).
  4. Nilai-nilai kemanusiaan dan teori kebenaran.
  5. Historis, arsip dan dokumen organisasi.

VISI:
“Terwujudnya Nahdlatul Ulama Cabang Istimewa Sudan sebagai jam’iyyah diniyyah ijtima’iyyah Ahlussunnah wal Jama’ah yang maslahat bagi umat menuju masayarakat yang sejahtera, berkeadilan demokratis dan mandiri”.


MISI:
“Mempersiapkan kader-kader yang bertaqwa, interaktif dan terampil guna terwujudnya masyarakat yang menjunjung tinggi keadilan, toleransi dan kebersamaan”.

Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Sudan periode ini mengambil motto dari tema Konfercab Istimewa Ke-20 PCINU Sudan yaitu: “Konteksualisasi Visi Global Nahdlatul Ulama dalam Menyongsong Satu Abad”.

Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Sudan dalam struktur keorganisasian pengurus terdiri dari:
1. Mustasyar
2. Syuriyah
3. Tanfidziyah